Etika Bertelpon Saat Mengemudi

Diposting oleh Admin on Sabtu, 28 April 2012

Walaupun peringatan jangan bertelpon saat mengemudi sering dilakukan, ternyata masih banyak saja orang yang menganggap sepele peringatan ini.

Jadi jangan heran jika banyak kasus tabrakan terjadi lantaran etika bertelepon saat mengemudi tidak dilaksanakan. Bukannya sanksi dengan kemampuan anda bertelepon dengan satu tangan, namun tanpa disadari resiko tabrakan justru timbul karena pacahnya kosentrasi pengemudi.

Dari studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa menggunakan HP ketika mengemudi meningkatkan resiko kecelakaan hingga empat kali. Kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan HP di Jepang, paling sering terjadi ketika pengemudi menerima telepon.

Oleh karena itu sejumlah negara telah melarang menggunakan HP ketika mengemudi. Meskipun penggunaan hands free masih diijinkan. Namun demikian, ada beberapa tip dalam menggunakan HP ketika mengemudi, antara lain :

   1. Manfaatkan fitur-fitur seperti automatic redial dan memory dial pada HP anda. Pelajari juga penggunaan keypad untuk memanfaatkan speed dial tanpa perlu megalihkan perhatian dari jalan.

   2. Gunakan hands free kit atau letakkan HP dalam jangkauan tangan, sehingga tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan hanya untuk memungutnya. Bila kondisi tidak memungkinkan anda untuk menjawab telepon acuhkan saja dan biarkan voice mail menjawabnya. Baru setelah kondisi jalan aman, anda menelpon kembali.

   3. Segera hentikan pembicaraan bila berada pada situasi lalu lintas yang berbahaya. Hujan deras atau lalu lintas yang padat dan beresiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas  dan yang pasti akan memecah kosentrasi mengemudi.

   4. Akan lebih baik lagi jika anda menepi sesaat utuk bertelepon dengan lawan bicara atau lakukan ketika lampu lalu lintas sedang merah. Tapi ingat, lakukan hal ini di tempat yang aman dan tidak tergolong dalam area dengan kriminalitas tinggi.

   5. Untuk membicarakan pembicaraan bisnis yang berat dan serius, jangan pernah dilakukan saat anda sedang mengemudi karena hal ini cenderung mengganggu kosentrasi dalam mengemudi.

 Sumber : Kompas
Anda sedang membaca artikel tentang Etika Bertelpon Saat Mengemudi dan anda bisa menemukan artikel Etika Bertelpon Saat Mengemudi ini dengan url http://mobilmoe.blogspot.com/2012/04/etika-bertelpon-saat-mengemudi.html.

Etika Bertelpon Saat Mengemudi

Sarung Stir
Etika Bertelpon Saat Mengemudi By Mobilmoe
Published: 2012-04-28T12:55:00-07:00
Etika Bertelpon Saat Mengemudi
5
17500 reviews